For this was sent on Seynt Valentyne's day ("Untuk inilah dikirim pada hari Santo Valentinus")
When every foul cometh there to choose his mate ("Saat semua burung datang ke sana untuk memilih pasangannya")

Itulah sepenggal tulisan dari sastrawan Inggris yang sangat terkenal pada awal abad ke-14Geoffrey Chaucer, dalam karya nya yang berjudul : Parlement of Foules (Percakapan Burung-Burung). Dimana pada saat itu mayoritas orang mempercayai bahwa pada tanggal 14 Februari adalah hari ketika burung mencari pasangannya (tentunya dengan sesama burung, kecuali burung onta) untuk kawin. Pada zaman itu bagi para pencinta sudah lazim untuk bertukaran catatan pada hari itu dan memanggil pasangan mereka "Valentine" mereka. 



Dan itu hanyalah legenda orang barat, bagaimana dengan hari ini? 2012 men! woy 2012! masih jaman tukeran catetan? sekarang udah lewat jamannya bluetooth bro, udah nyampek jaman wireless n paperless. Bukan jamannya lagi cewek terkagum-kagum sama pujangga dan penyair. Bilang yang sebenernya, cocok, cuss deh!!!  Dan pertanyaannya sekarang, bagaimana kita menyikapi tanggal 14 Februari 2012? haruskah kita merayakannya juga?

sebuah opini

Memang, kita termasuk bangsa yang gampang terombang-ambing, khususnya masalah kebudayaan. Jarang sekali orang dari bangsa kita yang bangga akan budayanya sendiri, emang sekarang trend-nya mayoritas penduduk Indonesia Raya cenderung mencontoh budaya barat. Dan yang lebih memperihatinkan, kenapa lebih sering yang dicontoh itu budaya yang sifatnya negatif menurut budaya kita? 

Nampaknya tinggal menunggu waktu saja, kita akan kehilangan sebuah identitas. Identitas sebagai bangsa besar, identitas sebagai bangsa yang menjunjung tinggi etika dan moral. Dan salah satu budaya barat yang punya peran besar mempengaruhi budaya kita adalah perayaan hari kasih sayang, atau orang-orang lebih sering menyebutnya Valentine's Day. 

Kalo kita lihat trend akhir-akhir ini tentang bagaimana cara sebagian besar orang Indonesia, khususnya kaum muda, dalam menyikapi kebudayaan bangsa barat, cenderung mengarah pada perilaku yang menyimpang. cobtoh aja kemaren, saat malam perayaan pergantian tahun masehi, berdasar artikel ini : http://goo.gl/ihzy4 , penjualan kondom meningkat mencapai 20% setiap kali ada perayaan yang melibatkan kawula muda. sungguh memperihatinkan beudht!!

Bagaimana dengan kita? 

Kemaren sempet iseng buka-buka milist SMK saya, dan yang cukup menarik si admin, bang yudhi, bikin satu thread tentang valentine's day,  dan saya jadi tertarik buat membahasnya disini. Apa yang akan kita lakukan saat tanggal 14 Februari 2012 datang? saya coba memberikan opsi buat temen-temen. Silahkan memilih, atau kalau punya jawaban sendiri, silahkan nambahi.

-Kasih Coklat-
Tp di era sekarang ini, persembahan coklat saja sepertinya "masih kurang" untuk menunjukkan apa yg ada di lirik lagunya beegees, "how deep is your love" ? ~ Yudhi Apriyanto.

-Kasih Bunga Mawar-
Udah jadi matapencaharian mahasiswa kayaknya kalo setiap ada valentine's day, mereka jualan bunga mawar. Gimana? kita mau bantu temen-temen mahasiswa buat dapet untung dari usaha mereka jual bunga mawar sekaligus kasih kado buat si dia.

-Kondom-
Kayaknya yang lagi jadi trend di setiap acara-acara yang melibatkan anak muda akhir-akhir ini ya kondom deh, terlepas nanti berfungsi sebagai apa, seoalah kondom jadi kado alternatif untuk some1 spesial gak pake telor.

Ada juga kalo kita punya jiwa wirausaha yang luar biasa besarnya, kita bisa manfaatin momen-momen seperti ini buat berwirausaha. Mungkin bukan sebagai pembeli tapi sebagai penjual, penjual coklat, penjual mawar, atau bahkan sebagai penjual kondom. atau kondom rasa coklat? atau kondom aroma mawar? yang jelas, jangan yang rasa rendang atau ayam spesial. nanti bisa bahaya, ke-makan juga. buat motivasi aja, nih ada artikel yang bahas penjualan kondom saat valentine : http://goo.gl/LkCjV . 

Gimans? udah nentuin pilihan? ato udah punya pilihan sendiri? sikapilah dengan bijak, kita mau jadi pengekor keputusan orang lain, atau kita akan hadapi dengan kepala tegak, sebagai orang merdeka yang punya idealisme sendiri. maksimalkan hak yang kita terima, dan jangan lupa kepada kewajiban yang harus kita lakukan.

sedikit OOT, samrodnam nggak akan pernah merayakan sesuatu yang nggal sesuai dengan idealismenya, dan tentang Valentine's day, seperti hari - hari valentine sebelumnya, insyaAllah saya akan tidur pulas menikmati empuknya kasur kamar. Syukur kalo dalam tidur, saya diijinkan untuk bertemu bidadari dan bilang, "Saya akan menikahimu di Surga nanti..." hahahaha. 

CMIIW,
salam,
samrodnam. man shabara zafira :D


Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.